Selama ini kecelakaan pesawat komersial yang terjadi jarang sekali ada penumpang yang selamat seperti jatuhnya pesawat ke dalam lautan atau didaratan hampir tidak ada penumpang yang selamat.


Contoh misalnya di dindonesia yang sekarang terjadi kecelakaan dari maskapai pesawat Lion Air yang terjatuk ke dalam laut dan tak ada satupun penumpangnya yang selamat. pada hari Senin 29/10/2018.

Banyak dari kita berpikir kenapa? pesawat-pesawat komersil sama sekali tidak di lengkapi dengan kursi pelontar ataupun parasut demi keselamatan jika terjadi kecelakaan.

Padahal jika kedua hal tersebut benar-benar ada mungkin bannyak nyawa dapat terselamatkan dengan parasut yang mereka miliki, mungkin kedepannya dalam dunia keselamatan penerbangan hendaknya pesawat komersial selain dilengkapi baju pelampung juga dilengkapi parasut dan juga kursi pelontar disetiap kursinya.

Kursi pelontar dan Parasut kiranya munkin bisa dijadikan solusi kedepannya dalam dunia penerbangan demi keselamatan penumpang.

Namun layaknya seperti adanya kelemahan dalam kekuatan, ide ini tentunya akan memiliki kelemahan juga seperti kekhawatiran para penumpang yang jumlahnya ratusan orang, maka akan mudah untuk saling bertabrakan setelah dilontarkan keluar dari peswat, di tambah udara yang tipis serta faktor ketinggian ribuan kaki dari tanah yang tentunya akan menyulitkan juga.

Untuk pesawat komersil itu tidak hannya memiliki 1 atau 2 kursi saja tapi ratusan, dan juga banyak terdapat penumpang seperti seperti, anak-anak, lansia dan penyandang disabilitas, yang tentunya akan sulit atau mungkin mustahil untuk menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

Sumber: www.kompasiana.com
Baca Sumber